Selasa, 02 Desember 2014

MEMBIASAKAN ANAK MENCUCI TANGAN

Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun berguna untuk mencegah kuman dan bakteri yang tertempel di tangan masuk ke tubuh baik melalui mulut ataupun hidung. Mencuci tangan juga dapat membantu mencegah penularan penyakit yang bisa terjadi akibat berjabat tangan atau bersentuhan dengan orang lain.

Secara fisik, kondisi anak-anak lebih rentan dengan penyakit dibandingkan dengan orang dewasa, karena itulah sebagai orang tua kita harus membiasakan anak kita rajin mencuci tangannya. Awalnya orang tua harus memberikan penjelasan mengenai pentingnya mencuci tangan dan resiko apa saja yang dapat terjadi apabila kuman dan bakteri masuk ke tubuh kita. Dengan demikian anak-anak menjadi mengerti akan pentingnya mencuci tangan bagi mereka.

Selain member penjelasan mengenai manfaat mencuci tangan, ajarkan anak-anak kapan saja saat yang diperlukan untuk mencuci tangan seperti sehabis bermain atau berpergian, sehabis buang air, sebelum makan, dan juga sebelum tidur. Tentunya orang tua juga harus rajin-rajin mengingatkan dan memberikan contoh kepada anak agar mereka selalu ingat untuk cuci tangan.

Terapkan kebiasaan mencuci tangan pada anak sedari dini dan rasakan manfaatnya.

http://www.konimex.com/post/healthy-lifestyle/keluarga-sehat/membiasakan-anak-mencuci-tangan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar