Senin, 01 Desember 2014

Makanan Berlemak Yang Diperlukan Tubuh

Semakin banyaknya pilihan makan yang dapat kita nikmati setiap hari, tentunya memiliki dampak positif maupun negatif. Positif karena seseorang akan memiliki gizi yang baik dalam tubuhnya dari makanan yang dimakannya. Sedangkan negatifnya, banyak lemak maupun kolesterol yang akan membuat tubuh menjadi rentan penyakit atau menambah berat badan secara berlebihan.

Namun tidak semua makanan yang berlemak memiliki dampak negatif bagi tubuh, ada beberapa makanan yang merupakan sumber lemak yang justru sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan organ-organ agar dapat berjalan normal.

Memang, beberapa pakar kesehatan telah menjelaskan kalau hindarilah makan berlemak. Tapi itu jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan, apapun jenis makanan yang kita makan jika berlebihan pasti akan berdampak buruk. Misalnya untuk makanan yang berlemak, pastinya akan menyebabkan obesitas. Namun, kita kita konsumsi tidak berlebihan, maka lemak tersebut justru akan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan dapat membantu menghilangkan plak dari dinding pembuluh dara ateri.

Berikut ini beberapa jenis makanan berlemak yang sangat baik bagi tubuh, yang kami kutip dari Detik.com:

Telur, di dalam telur ternyata banyak mengandung vitamin dan mineral penting dibandingkan dengan jenis makanan lain. Selain itu, telur juga menjadi sumber kolin yang merupakan zat yang penting bagi tubuh untuk memecah lemak menjadi energi. Selain sebagai sumber kolin, telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin, danm antioksidan yang dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi macula.

Kelapa, mengandung lemak jenuh yang lebih jika dibandingkan dengan mentega. Saat ini kita sering menghindari makanan berbahan dasar kelapa atau santan agar terhindar dari penyumbatan pembuluh darah arteri. Padahal, kelapa memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Karena, lebih dari 50% kandungan lemak jenuh dalam kelapa adalah asam laurat. Dalam penelitian menunjukkan meskipun asam laurat meningkatkan LDL(kolesterol jahat) kolesterol, tapi HDL (kolesterol baik) juga turut meningkat. Hal ini justru mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Daging kalkun, ayam, dan ikan seringkali menjadi pilihan sebagai pengganti daging sapi. Karena banyak yang mengatakan kalau daging mengandung lemak jenuh yang tidak baik untuk jantung. Padahal di dalam daging justru terdapat lemak tak jenuh tunggal yang disebut dengan oleic acid yang sama seperti di dalam olive oil. Selain itu, daging merupakan sumber protein hewani yang sangat baik, mengandung zat besi, zinc, dan juga vitamin B yang dibutuhkan oleh tubuh.

Keju, untuk yang satu ini tentunya tidak semua orang suka, karena mitos di Indoensia keju adalah makanan golongan orang tertentu yang tidak terlalu penting untuk tubuh. Memang, sekalipun keju mengandung lemak dan protein yang tinggi, tetapi keju baik untuk diet. Karena lemak dan protein bisa menjaga lambung dalam keadaan kenyang. Keju juga dapat dimakan sebagai pendamping salad, atau sebagai camilan tanpa harus makan makanan lainnya.

Dari beberapa makanan yang mengandung lemak tersebut, tentunya kita tidak perlu menghindarinya karena dengan menghindari makanan tersebut tubuh akan kekurangan salah satu tentaranya untuk melindungi tubuh. Tapi tidak juga berarti kita berlebihan memakannya, dengan mengkonsumsi makanan berlemak dengan porsi yang standar maka tubuh kita akan selalu terjaga kesehatannya. 

http://www.gentongmas.com/berita/771-makanan-berlemak-yang-diperlukan-tubuh.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar