Selasa, 02 Desember 2014

Manfaat Berjemur Pada Sinar Matahari Pagi

Manfaat sinar matahari pagi dan aktivitas men jemur tubuh memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan. Terutama untuk kesehatan tulang. Tetapi sinar matahari memiliki banyak kegunaan lainnya tidak hanya bermanfaat untuk tulang, tetapi juga kekebalan tubuh.

Jemur pagi-pagi selalu indentik dengan bayi baru lahir. Pada kenyataannya, tidak demikian. Berjemur pagi-pagi sangat bermanfaat bagi siapa pun, termasuk juga bayi dan lansia. Pada pagi hari, matahari yang bersinar ini akan membantu tubuh untuk menstimulasi vitamin D yang dibutuhkan oleh tulang. Manfaat jemur pagi ini tidak lepas dari kebiasaan bangun pagi tentunya.

Kebiasaan berjemur sinar matahari pagi tampaknya sudah mulai kehilangan pamor. Tidak sedikit orang yang sekarang memilih bangun siang, kalaupun harus bangun pagi-pagi, itu karena harus berangkat pagi-pagi ke kantor dan sekali lagi tidak bisa menikmati berjemur sinar matahari pagi. Ironis nampakanya, jika dahulu para orang tua selalu membiasakan untuk berjemur di bawah sinar matahari demi pertumbuhan buah hati, tetapi sekarang kegiatan itu ditinggalkan dan lebih memilih berjejal-jejal di bis kota untuk bekerrja.

Padahal banyak sekali Manfaat sinar matahari pagi yang bisa diraih dengan berjemur di pagi hari. Sinar matahari pagi dapat membunuh mikroba dan bakteri. Itulah kenapa karpet dan kasur harus dijemur, sekalipun tidak dicuci. Karena meskipun tidak dicuci, tetapi matahari dapat membunuh bakteri yang ada pada karpet atau kasur. Kemudian ternyata sinar matahari dapat meningkatkan suasana hati atau mood menjadi positif. Ini merupakan salah satu cara yang paling mudah dilakukan untuk mengusir perasaan galau. Sinar matahari juga dapat mengatasi insomnia. Berjemur di bawah sinar matahari pagi juga ternyata dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sehingga asupan nutrisi tidak terganggu dan kesehatan tetap terjaga bukan.

Manfaat sinar matahari pagi yang lain dari berjemur pagi yang paling sering didengar adalah untuk kesehatan tulang. Hal ini karena sinar matahari membantu stimulasi vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk tulang dan gigi. Stimulasi vitamin D ini juga sangat dibutuhkan untuk bayi, shingga jemur pagi selalu identik dengan bayi. Pada bayi, sinar matahari juga akan sangat membantu untuk meningkatkan kerja hati sehingga bisa mengurangi kadar bilirubin yang biasanya dialami oleh bayi baru lahir. Tetapi perlu diingat juga bahwa sinar matahari yang sehat hanyalah sinar matahari di bawah jam delapan pagi. Jangan terlalu berlebihan ketika berjemur, secukupnya saja asalkan rutin tentu lebih baik.

Read more: http://www.zonakesehatan.info/2014/02/tubuh-sehat-dengan-jemur-pagi.html#ixzz3KkeaeBfh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar