Jumat, 05 Desember 2014

Jenis-jenis Sepatu yang Tepat untuk Olahraga

Saat ini jenis sepatu olahraga semakin spesifik. Setiap sepatu memiliki bahan, komponen, dan materi yang berbeda untuk setiap jenis olahraga. Oleh karena itu, perlu kecermatan ketika Anda memutuskan membeli sepatu olahraga.

“Setiap sepatu membantu kaki Anda beradaptasi dengan gerakan olahraga tertentu. Memakai sepatu yang tepat dapat membantu Anda mengurangi risiko cedera,” ujar Dr. Paul Langer, ahli penyakit kaki dan penulis buku Great Feet for Life seperti dilansir foxnews.com.

Pertanyaannya, bagaimana memilih sepatu yang tepat untuk jenis olahraga di gym, lari, dan basket? Berikut tipsnya yang disarikan dari berbagai sumber:

Sepatu untuk nge-gym
1. Latihan angkat beban
Bila Anda akan melakukan latihan angkat beban, pakailah sepatu dengan outsole datar dan kuat. Sepatu model ini membantu Anda menahan beban dan memberikan support terhadap tubuh Anda.

2. Latihan di treadmill
Sepatu lari adalah yang Anda butuhkan saat berolahraga di alat fitnes ini. Sepatu lari biasanya didesain lebih ringan dari sepatu olahraga umumnya agar mampu mendukung gerakan lari yang terus-menerus.

3. Latihan kardio
Untuk jenis olahraga ini, Anda perlu sepatu yang mendukung seluruh bagian tubuh Anda. Pilihlah yang memiliki insole tebal karena ini akan memberi kenyamanan dengan gerakan tubuh Anda yang bervariasi. Pilih yang bahannya ringan.

Sepatu khusus lari
Lari sangat baik bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan jantung. Tapi sebelum melakukannya, ada baiknya Anda teliti memilih sepatu lari untuk mengurangi risiko cedera.

Menurut artikel di situs livestrong.com, sepatu lari yang baik memiliki pola lebar di alas kakinya. Hal itu untuk mencegah selip atau terpeleset saat melewati medan sulit.

Bobot sepatu lari biasanya ringan, dilengkapi penahan tekanan yang bertujuan mengurangi terjadinya tekanan berlebihan pada kaki. Sepatu lari yang baik juga menyisakan ruang jarak kosong sekitar satu inch antara ibu jari dengan ujung sepatu.

Disarankan membeli sepatu di waktu sore hingga malam hari. Karena di waktu itu kaki lebih membesar setelah digerakan untuk beraktifitas di pagi dan siang hari. Hal itu untuk mengantisipasi agar kaki tidak terasa sakit saat ukurannya membesar saat berlari.

Sebaiknya ketika hendak membeli sepatu lari, pakailah kaus kaki saat mencoba sepatu.

Sepatu basket
Saat memilih sepatu untuk olahraga basket Anda harus memperhatikan solnya. Sol harus melekat pada permukaan lapangan agar bisa membuat kaki tetap pada posisinya dengan stabil. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko tergelincir.

Yang terpenting, sepatu basket harus responsif. Jangan pilih yang terlalu berat atau solnya terlalu besar. Bentuk yang tidak menguntungkan seperti itu bisa menghambat gerakan Anda, terutama sewaktu Anda melakukan sprint.


https://www.futuready.com/ArticleDetail/Index/Jenis-jenis-Sepatu-yang-Tepat-untuk-Olahraga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar