Kamis, 04 Desember 2014

10 Efek Negatif Tak Terduga Akibat Kurang Tidur

Jika Anda tidur kurang dari tujuh jam, bisa dipastikan itu bukan waktu yang cukup. Sebaiknya, jangan sepelekan jika Anda terlalu sering kurang tidur. Penyakit jantung dan diabetes tipe 2 sering disebut sebagai akibat dari Anda kurang tidur, tapi ada konsekuensi negatif lain akibat kurang tidur.

Seperti dikutip dari WomansDay, Jumat (2/8/2013) berikut 10 efek negatif tidur yang tak terduga dan sering dianggap enteng oleh sebagian besar orang:

1. Berat badan naik

"Kurang tidur memperlambat metabolisme dan meningkatkan nafsu makan. Hal ini juga membuat Anda menginginkan makanan yang tinggi lemak dan tinggi karbohidrat, "kata Michael Breus, PhD, psikolog dan spesialis gangguan tidur di Scottsdale, Arizona.

2. Murung

Ketika Anda lelah, mungkin akan terjadi perubahan sementara pada emosi Anda misalnya saja mudah cengeng dan menangis. Menurut Lisa Shives, MD, ahli penyakit dalam dan obat tidur di Evanston, Illinois, penelitian menunjukkan setidaknya 50 persen orang depresi karena memiliki masalah insomnia. "Neurotransmitter yang berperan dalam siklus bangun tidur berhubungan dengan hormon suasana hati misalnya serotonin. Jika Anda sering murung sebaiknya temui psikolog dan konsultasikan apakah murung yang Anda alami akibat kurang tidur atau sebaliknya," kata Shives.

3. Mata bengkak dan terdapat kantung mataNext

http://health.detik.com/read/2013/08/02/180124/2323140/763/10-efek-negatif-tak-terduga-akibat-kurang-tidur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar