Selasa, 02 Desember 2014

Cara Memilih Kacamata Anti Matahari atau Sun Glasses Dengan Benar



 


 Jika boleh dan bisa memilih, setiap orang tentu tidak menginginkan untuk memakai “sambungan mata” alias kaca mata. Kaca mata yang dimaksud disini adalah kaca mata yang “wajib” dikenakan karena seseorang mengalami gangguan penglihatan mata.

Pada kondisi yang wajib seperti ini, meski masih ada, seseorang tidak mempunyai banyak pilihan akan kaca mata yang akan dikenakannya. Sebab mau tidak mau seseorang harus menyesuaikan pilihan kacamatanya dengan kekurangan atau gangguan penglihatan yang dideritanya.

Disamping karena adanya gangguan penglihatan mata, seperti karena mata minus atau plus, terkadang seseorang membutuhkan kaca mata pada saat kondisi-kondisi tertentu.
Untuk melindungi mata dari terpaan sinar matahari, misalnya.
Meski pada kondisi seperti ini, kaca mata yang dibutuhkan tentu saja tidak sama dengan kaca mata yang dipergunakan ketika mengalami gangguan penglihatan mata.

Jika tujuannya untuk melindungi mata dari pancaran sinar matahari, maka kaca mata yang dibutuhkan adalah kaca mata anti matahari atau sun-glasses.
Sun-glasses atau kaca mata anti matahari adalah sebuah kaca mata yang khusus ditujukan untuk melindungi mata dari sinar matahari.
Kaca mata anti matahari dibutuhkan untuk melindungi mata dari dampak buruk radiasi sinar ultraviolet ( UV ) yang dipancarkan matahari.
Sebab tidak hanya berefek pada kulit, pada tingkatan tertentu, sinar ultra violet dari sinar matahari juga akan dapat merusak kesehatan mata.
Disarankan untuk menyimak juga :
> Cara memilih tabir surya, cara menghitung rumus SPF

Sun glasses atau kaca mata anti matahari biasaya menggunakan lensa mata yang agak gelap.

Dibandingkan dengan kaca mata yang harus dikenakan karena adanya gangguan mata, kaca mata anti matahari atau sun glasses memang mempunyai design dan model yang lebih bervariasi.
Itulah sebabnya sun-glasses ini juga dapat berfungsi ganda untuk mempercantik tampilan atau agar lebih trendy.
Namun agar benar-benar bisa bermanfaat untuk memblokir sinar ultra violet dari sinar matahari, lensa mata yang dipilih tidak hanya sekedar gelap atau sekedar trendy saja.

Meski sah-sah saja memilih sun glasses sesuai dengan trend mode kaca mata yang berkembang, setidaknya ada 7 hal yang wajib diperhatikan ketika memilih sun glasses atau kaca mata anti sinar matahari ini.
Untuk Memilih Kacamata Anti Matahari atau Sun Glasses Dengan Benar, 7 hal yang wajib diperhatikan adalah :

1● Sebaiknya pastikan agar sun glasses mempunyai kapasitas yang mampu memblokir sekurangnya 99 persen dari radiasi Ultra Violet sinar matahari.

2● Pastikan juga agar lensanya cukup gelap untuk dapat memfilter 75 – 90 persen sinar terik matahari.

3● Usahakan juga agar mutu lensa yang digunakan cukup baik, sehingga tidak menyebabkan mata menjadi lelah atau pusing dan menyebabkan kulit di sekitar mata terjadi pengeriputan dini.

4● Sebelum membeli coba lakukan tes kemampuan dari sun glasses tersebut.
Caranya :
Kenakan kacamata sun glasses tersebut di depan cermin. Apabila masih bisa melihat mata anda sendiri dibalik kaca mata melalui cermin, itu artinya kacamata anti matahari yang anda pilih belum cukup gelap untuk dapat mem-filter sinar matahari secara optimal.

5● Sebaiknya pilih warna lensa yang memungkinkan masih bisa membedakan warna-warna di luar dan melihat dunia sebagaimana adanya.
Warna lensa yang dianjurkan adalah lensa kacamata warna abu-abu, coklat atau hijau. Sebaiknya hindari lensa kacamata yang berwarna kuning atau amber ( kuning sawo ) sebab warna-warna ini bisa membuat pemakainya kesulitan dalam membedakan warna lampu lalu lintas.

6● Sedangkan apabila memilih lensa kacamata yang berbahan plastik, sebaiknya memilih lensa kacamata yang dilapisi dengan lapisan tahan gores.

7● Terakhir, pilih kacamata yang menggunakan bingkai berdesain wrap around atau lengkung, sebab desain ini menawarkan perlindungan terbaik dengan memblokir sinar dari samping, atas dan bawah.

http://perlengkapan-wanita.blogspot.com/2014/07/cara-memilih-kacamata-anti-matahari-atau-sun-glasses-dengan-benar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar