Selasa, 02 Desember 2014

Manfaat Sinar Matahari Dari Jendela Keruangan Kerja Anda

Halo Sahabat,Manfaat Sinar Matahari Dari Jendela Keruangan Kerja Anda | Ruangan kantor atau pejabat dikota-kota besar kini semakin serba moden dengan dilengkapi air conditioning(AC-penghawa dingin) serta lampu-lampu type neon hemat letrik-ruangan jendela sudah tidak di gunakan lagi-hanya ditutupi dinding-dinding kaca gelap seperti tinted pada kaca kenderaan.
Minimnya jendela malah kini sudah bukan lagi sebuah kemestian pada sebuah bangunan atau gedung-gedung kantoran.

Desain  ruangan minim jendela diruangan pejabat atau mungkin juga diruangan kerja Anda sebagai blogger dapat menyebabkan seseorang merasa cepat kelelahan. Demikian menurut studi terbaru dari Northwestern University. Kata peneliti Ivy Cheung, Ph.D., rasa lelah yang dialami terjadi kerana orang tersebut kurang mendapatkan paparan sinar matahari. Oleh kerana itu, Ivy menyarankan agar tempat-meja kerja Anda berhampiran dengan jendela atau  tetingkap yang tersedah kepada sinaran matahari.


Manfaat Sinar Matahari Dari Jendela Keruangan Kerja Anda
Hasil penelitian menunjukkan cara dan tempat kerja begini boleh meningkatkan produktiviti selama bekerja -termasuk Anda sebagai blogger.Manfaatnya?

Sinar Ultra-Violet Menambah Energi,

Sebuah studi di Belanda pada 2013 menemukan, orang yang terkena paparan sinar matahari selama seminggu mengaku dirinya lebih energik saat di tempat kerja. Selain itu, rasa mengantuk yang kerap mereka alami juga jadi berkurang.

Menurut para ilmuan, duduk di samping jendela ruang kerja pada hari yang cerah, diklaim mampu melipatgandakan kewaspadaan individu dibandingkan dengan pekerja yang terjebak di tengah-tengah ruangan di bawah lampu. Lalu bagi Anda yang memiliki masalah tidur, cobalah untuk berjalan kaki selama 30 menit di bawah paparan sinar matahari. Sebab, ini akan membantu Anda mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari.

    "Cahaya bukan hanya penting untuk kesehatan mata, tetapi juga sebagai pendeteksi jam pada tubuh manusia yang mempengaruhi berbagai aspek kesehatan," papar Russell Foster, Oxford University neuroscientist, seperti dikutip dari Daily Mail.

    "Ketika Anda terkena 1.000 lux (satuan cahaya), Anda mendapatkan manfaat cahaya secara maksimal. Namun bila hanya duduk di bawah sinaran cahaya lampu, Anda hanya terkena 300 lux dan tentunya ini kurang dari apa yang diperlukan," tambah Profesor Foster.

    "Jika Anda tak mendapatkan cahaya matahari di siang hari, maka pastikan Anda keluar dan menikmati cahaya matahari pagi," saran Profesor Foster.


Dapat Mengurangi  Stres,

Menurut peneliti dari Turki, stres yang dialami para jururawat jadi berkurang setelah mereka duduk di dekat jendela. Tak hanya itu, mereka juga mengaku lebih puas dengan pekerjaan yang dilakukan.

Kasus ini biasanya rentan terjadi pada orang tua yang lanjut usia atau lansia. Sebab, mereka jarang keluar rumah sehingga kurang mendapatkan paparan cahaya matahari. Tak hairan bila banyak orang tua atau lansia lebih mudah mengalami gangguan kesehatan.

Merasa  tenteram dan happy,

75 peratus  responden mengaku bahwa mereka merasa bahagia saat meletakkan tanaman di dekat jendela kantor, demikian menurut penelitian dari Texas State University. Tina Marie Cade, Ph.D., menuturkan “Unsur alami seperti tanaman atau pemandangan hijau dapat merangsang timbulnya rasa bahagia”!

(!) Mulailah dari sekarang Anda merubah tempat-meja kerja Anda berdekatan jendela yang menerima sinaran matahari.Anda setuju?

http://fortunamedia.blogspot.com/2014/08/manfaat-sinar-matahari-dari-jendela.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar