Rabu, 03 Desember 2014

Manfaat Pemasangan Kawat Gigi – Behel

Dewasa ini, perawatan ortodontik atau perawatan kawat gigi atau behel menjadi suatu kebutuhan di masyarakat, terutama di kalangan remaja. Berbagai macam alasan, mengapa  banyak remaja yang memakai kawat gigi?

Alasan pertama, Kawat gigi dianggap dapat mendukung penampilan dan menambah kepercayaan diri karena dengan memakai kawat gigi, seseorang dianggap tidak ketinggalan zaman dan mengikuti tren terkini.

Alasan kedua, Orang itu mempunyai kelainan rahang, gigi yang menumpuk dan tidak teratur  pemasangan kawat gigi bertujuan memperbaiki bentuk wajahnya.


 Apapun alasan seseorang, manfaat  pemasangan kawat gigi/behel yang sebenarnya adalah untuk merapikan letak dan susunan gigi geligi. Susunan gigi yang menumpuk dan tidak rata dapat menimbulkan bebagai masalah, di antaranya masalah kebersihan gigi dan mulut. Selain untuk merapikan gigi, kawat gigi dapat bermanfaat untuk memperbaiki pengunyahan dan pengucapan kata yang salah, serta memperbaiki penampilan wajah.

Masalah kerapihan gigi tidak bisa dianggap sepele, selain mengganggu pencernaan juga bisa berakibat menggangu fungsi tubuh yang lain. Susunan gigi yang berantakan saling tumpang tindih, mengakibatkan sela-sela gigi susah untuk di bersihkan. Akibatnya akan mengakibatkan bau mulut, gigi menjandi rusak, berlubang dan bahkan ompong, selain itu gusi jadi gampang berdarah dan sering menimbulkan sariawan.


Segala permasalahan gigi diatas dapat diatasi dengan pemasangan kawat gigi/behel. Hanya yang perlu diketahu bahwa menggunakan kawat gigi tidak semudah yang di bayangkan orang diperlukan pemasangan yang sangat hati-hati, dimulai dari pemeriksaan gigi, foto susunan gigi hingga membuat cetakan gigi pasien agar mudah diketahui bagian mana saja yang perlu di benahi.


Pemasangan kawat gigi juga harus benar-benar kepada ahlinya, dengan alasan biaya pemasangan yang murah sesorang memasang kawat gigi pada orang yang bukan ahlinya. Hal ini akan menimbulkan efek samping yang merugikan pasien, diantaranya gigi dapat rusak atau tanggal, garis tengah gigi dapat menjadi miring terhadap garis tengah wajah. Efek samping ini akan susah untuk diperbaiki lagi karena gigi permanen dewasa hanya tumbuh sekali.


Perawatan kawat gigi/behel yang sudah dipasang juga memerlukan komitmen dan kedisiplinan yang tinggi dalam hal menjaga kebersihan mulut karena dengan memakai kawat gigi, sisa makanan menjadi mudah menempel. Pemeriksaan rutin wajib dilakukan tiga atau empat minggu  sekali. Pemeriksaan ini sekaligus untuk  menarik gigi secara bertahap, apabila tidak di tarik , gigi tdak akan bergeser ke posisi yang diinginkan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dan hasil sesuai keinginan, kunjungilah dokter gigi yang sudah kompeten dan direkomendasikan banyak orang.

 http://www.memobee.com/manfaat-pemasangan-kawat-gigi-behel-2241-eij.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar