Jumat, 28 November 2014

Manfaat berpuasa untuk memperlambat penuaan kulit

Sebagaimana yang dijanjikan oleh Tuhan YME, bagi orang yang menjalankan ibadah puasa maka mereka akan mendapatkan berbagai macam keuntungan. Disamping pahala dan ampunan dosa, Tuhan juga menjanjikan manfaat puasa bagi kesehatan fisik, salah satunya adalah memperlambat proses penuuaan kulit.
Ya, dikutip dari laman Okezone beberapa waktu lalu, hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Louisiana mengatakan bahwa lewat berpuasa, tubuh akan memicu gen yang bertugas mengatur kelangsungan hidup dengan melindungi sel-sel dalam. Ketika berpuasa, gen itu akan memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh pengaruh radikal bebas dan mencegah kematian sel secara prematur.
“Gen itu akan memperlambat proses penuaan dengan mengurangi resiko yang terkait dengan umur penyakit dan ancaman kesehatan. Ini tentunya akan mengurangi tanda-tanda peradangan dan tekanan oksidasi yang umumnya menjadi penyebab penuaan kulit,” ujar Dr. James Johnson, Ketua Peneliti dilansir laman Dailymail.
Bukan cuma itu, berdasarkan hasil penelitian para ahli kesehatan di Universitas California, puasa ternyata efektif menurunkan kadar kolesterol jahat. Ini artinya, puasa juga punya peran penting untuk mencegah terjadinya penyakit jantung lho!
Tapi perlu diingat, meski puasa membawa banyak manfaat, kita harus mengimbanginya dengan pola makan yang sehat pula. Misalnya mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan buahan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan kulit tetap lembab. Terutama untuk kulit, vitamin-vitamin A, C, B, dan E sangat membantu dalam memperlambat proses penuaan kulit.
Oleh sebab itu, penuhi kecukupan vitamin kulit tersebut pada saat berpuasa dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti Apel Fuji, Guava Crystal, Singo Pear, Semangka Dianti, Pepaya Hawai, Golden Melon, Pisang Mas, Anggur, dan sebagainya. Kandungan gizi dan vitamin yang ada di dalam buah-buahan tersebut akan membuat kesehatan kulit makin maksimal.
- See more at: http://www.sunpride.co.id/manfaat-berpuasa-untuk-memperlambat-penuaan-kulit/#sthash.c3UCjpcl.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar